Banyak Jalan Menuju Qatar

Pertanyaan pertama bagi orang2 yang sudah berniat untuk bekerja di Qatar adalah bagaimana caranya agar bisa bekerja disana?. Berdasarkan pengalaman abang dari searching, browsing, info kawan dan sebagainya hingga bisa bekerja di Qatar, maka abang coba menyimpulkan jawaban atas pertanyaan diatas, melalui postingan ini. Mudahan bermanfaat.
Banyak jalan menuju Qatar. Itulah setidaknya yang ada dibenak abang setelah beberapa bulan di Qatar. Setiap orang memiliki jalan yg berbeda2. Jalannya ada yg lurus seperti jalan tol, namun ada juga yg berliku dan mendaki. Ada yang sangat mudah dan singkat, tapi tidak sedikit yang panjang, berliku dan melelahkan.

Diantara jalan-jalan menuju Qatar adalah:
1. Cari info lowongan di koran
Biasanya agen2 yang ditunjuk oleh perusahan2 di Qatar akan mengiklankan lowongan kerja di harian nasional seperti kompas, khususnya pada hari sabtu dan minggu. Kalo emang niat, begitu liat ada lowongan segera kirim CV nya. Jangan ditunda2, karena kalo ditunda akan mudah lupanya. Kalo sudah begitu satu peluang sudah kita abaikan. Kebanyakan teman2 yang bekerja di Qatar melalui cara ini.

2. Kirim CV ke agen2 resmi
Ini juga membuka peluang jalan menuju Qatar. Ga usah malu, ga usah gengsi. Kirim aja CV dan berikan judul sesuai keahlian kita ke admin mereka. Kalo emang jodoh, itu adalah awal langkah kita untuk mendarat di Doha International Airport.

Setau abang agen2 resminya adalah :
· http://www.gunamandiri.com/
· http://www.lansima.com/
· http://www.uzmagroup.com/ (kayanya berpusat di Malaysia tapi interview di Jakarta)

3. Kirim CV di harian e-newspaper middle east
Bisa juga kita buka website e-newspaper yang ada di middle east, lalu pilih classified (job). Tinggal pilih lowongan yang sesuai. Terkadang ada perusahaan yang merasa cocok dengan aplikan, mereka berani undang interview ke middle east. Lumayan bisa jalan2 gratis.
Contoh website e-newspaper yang bisa dicoba adalah;
· http://www.gulfjobs.com/
· http://www.khaleejtimes.com/ (berpusat di abu dhabi)

4. Register di agen2 yang ada di middle east
Cara ini mirip seperti waktu kita register di http://www.karir.com/ Kita diminta mengisi form standard mereka, maka data kita masuk kedalam data base mereka. Kalo ada lowongan yang cocok, agen tsb akan menginformasikan CV kita ke calon perusahaan yang akan merekrut. Terkadang perusahaan itu sendiri yang menyortir data base kita.
Website agen tenaga kerja di middle east diantaranya :
· http://www.bayt.com/
· http://www.allarabia.com/

5. Ikut milis yang sesuai
Subscribe di milis yang sesuai juga akan banyak memberi informasi dan peluang kerja ke Qatar. Selain milis yang berbau oil and gas yang ada di Indonesia, baiknya kita juga bergabung di milis yang dikelola orang indonesia di Qatar. Menurut abang milis yang paling informative mengenai Qatar adalah tentangqatar@googlegroups.com.
Silakan masuk dan join melalui blognya Pa Syarif di http://www.tentangqatar.com/ Kita akan banyak tau informasi tentang Qatar termasuk info lowongan. Abang juga belajar banyak melalui blog ini (yang kemudian dibuat menjadi milis). Spesial untuk Pa Syarif :”Terima kasih info tentangqatar nya, semoga amal baik Bapak senantiasa di balas dengan ganjaran yang banyak oleh Allah sang pemilik langit dan bumi, amin”.

6. Nitip info lowongan kepada teman yang sudah di Qatar
Ini juga cara jitu dan praktis untuk dapat bergaji Qatar Riyal. Karena terkadang si boss merasa puas dengan performance orang Indonesia yang kerja di Qatar kemudian dia percaya untuk mengambil lagi orang Indonesia melalu orang yang sudah dikenalnya. Cara ini juga menguntungkan bagi si boss karena dia bisa mendapatkan anak buah yang sudah direkomendasikan. Hanya saja cara ini peluangnya terbatas. Mungkin cuman 1-2 orang dalam satu kesempatan. Mudah2an kita yang membaca postingan ini adalah diantaranya. Karena itu, coba ingat2 lagi kira2 siapa teman sekolah, teman kuliah, teman main atau tetangga yang sudah bekerja di Qatar. Segera hubungi dan cari tau, siapa tau anda yang ditakdirkan beruntung lewat jalur khusus ini.

7. Kirim CV langsung ke website perusahaan2 Qatar.
Ini adalah cara ampuh lain untuk bisa mengembara di gurun Qatar (ngapain coba.…:)). Sengaja cara ini abang tulis di akhir karena abang juga bisa sampai ke Qatar dengan jalur ini. Kita tinggal masuk ke website perusahaan2 qatar, lalu klik vacancies, kemudian sortir sesuai kualifikasi kita, lalu attach CV dan klik on line apply. Kalo calon boss merasa cocok dengan CV kita, mereka akan confirm via email bahwa mereka akan menginterview kita via phone lalu kita diminta menentukan hari dan jamnya. Oh ya, jam kerja kantor di Qatar umumnya dari jam 07.00-15.00 dan lebih lambat 4 jam dari waktu Jakarta. Untuk kantor2 layanan masyarakat biasanya buka lagi dari jam 16.00-20.00. Trus jangan lupa di Qatar week end nya adalah hari Jum’at dan Sabtu.

Kalo hasil interview via phone sukses, kita akan diundang untuk site interview di Doha, ibukotanya Qatar. Peluang kita untuk diterima jika sudah sampai Doha pastinya lebih besar lagi, karena kandidatnya terkadang cuman kita sendiri. Cerita tentang Interview akan diposting di waktu yang lain, insya Allah.
Trus, websitenya apa aja? Lowongannya ada ga?
Jawabannya, liat sendiri di link dibawah ini.

Website perusahaan migas :
· Qatar Petroleum (Pertaminanya Qatar, mencakup Refinery dan NGL) : http://www.qp.com.qa/
· RasGas Companies, : http://www.rasgas.com.qa/
· Qatar Liquefiled Gas Co, : http://www.qatargas.com.qa/
· Oryx GTL (Gas To Liquid) : http://www.oryxgtl.com.qa/
· Qatar Petrochemical Co : http://www.qapco.com.qa/
· Qatar Fertilizer Co. : http://www.qafco.com.qa/
· Qatar Chemical Co (Q-Chem) : http://www.qchem.com.qa/
· Qatar Fuel Additive Co. : http://www.qafac.com.qa/
· Qatar Vinyl Co. : http://www.qatarvinyl.com.qa/

Website perusahaan non migas :
· Medical : http://www.hmc.org.qa/
· Air dan listrik : http://www.kahrama.com/
· Komunikasi : http://www.qtel.com.qa/
· Otomotif (hrmtoyota@qatar.net.qa)
· Steel : http://www.qasco.com.qa/
· Semen : http://www.qatarcement.com/
· Maskapai penerbangan : http://www.qatarairways.com/

Sumber :
http://abang-qatar.blogspot.com/2008/09/banyak-jalan-menuju-qatar.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s