Menikmati Rotterdam Dari Ketinggian

Diterbitkan : 27 Agustus 2009 – 11:36am | Oleh Feba Sukmana

Rotterdam terkenal sebagai kota pelabuhan. Namun apa lagi yang dimiliki kota ini selain hiruk-pikuk pelabuhan?

Memasuki Rotterdam, Anda akan disambut dengan pemandangan berbeda dari kota-kota besar Belanda lainnya. Bangunan kota ini modern, gedung-gedung tinggi bertebaran. Hampir tidak terlihat bangunan klasik abad pertengahan atau rumah batu bata khas Belanda. Hal ini terjadi karena Rotterdam dibombardir habis-habisan pada periode perang melawan Jerman (1940-1945).

Witte de Withstraat
Salah satu tempat nongkrong anak muda yang paling terkenal di kota ini adalah jalan Witte de Withstraat. Mulai dari Jumat malam sampai akhir pekan, jalan ini akan disesaki muda-mudi yang gemar bersosialisasi. Berbagai café dan restoran berjajar di sepanjang jalan yang tidak terlalu lebar ini. Pilihan menu makan dan minum pun bervariasi, mulai dari hidangan latin sampai warung Jawa-Suriname ada di sini.

Di jalan ini pula terdapat kafe de Witte Aap yang dinobatkan oleh buku panduan traveling sebagai kafe terbaik sedunia. Kalau dilihat sekilas, hampir tidak ada yang istimewa dari kafe de Witte Aap. Luasnya cuma sekitar 9 m2, isinya hanya bar kecil dan kursi-kursi serta meja kecil untuk pengunjung. “Tapi suasananya menyenangkan sekali. Santai dan hangat. Gezellig kalau kata orang Belanda,” ujar Sanne van Baarneveld yang rutin mengunjungi kafe tersebut.

Taman Kota
Walaupun termasuk kota besar yang padat, Rotterdam masih punya banyak taman kota. Taman di samping Euromast adalah salah satu yang paling banyak menarik pengunjung. Jika cuaca cerah, penduduk Rotterdam akan berbondong-bondong ke taman tersebut untuk piknik, barbecue, atau sekadar bersantai sambil membaca buku di bawah sinar matahari.

Euromast
Menara ini adalah salah satu tujuan wisata di Rotterdam. Tinggi Euromast mencapai 185 meter. Dan dari atas kita bisa menikmati pemandangan kota Rotterdam. Menara ini terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama setinggi 32 meter. Di sana kita bisa memandang Rotterdam dari balik kaca. Sedangkan ketinggian 96 meter dipergunakan untuk restoran dan lounge. Kalau Kawan Kamera ingin bersantai, sambil makan enak dan menikmati panorama Rotterdam, tentu saja restoran ini jadi pilihan sempurna.

Yang paling mendebarkan adalah pengalaman wisata di ketinggian 185 meter. Di sana Kawan Kamera akan “dimasukkan” ke dalam “kapsul” berkaca dan “diangkat” sampai ketinggian maksimal. Serunya lagi, kapsul kaca ini berputar 360 derajat, jadi selama berada di ketinggian, Kawan bisa melihat keseluruhan panorama Rotterdam dari pojok ke pojok.

Rotterdam mungkin tidak populer sebagai tujuan wisata Belanda ketimbang kota-kota lain seperti Amsterdam dan Volendam. Namun, dijamin, jika Kawan berada di Euromast, apalagi di malam hari, Rotterdam tidak kalah romantis dibanding Paris.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s